Siapa Orang Jawa Pertama Memakai Blangkon? Print Friendly and PDF

Berita Terbaru



Translate

CETAK BERITA

Print Friendly and PDF

Siapa Orang Jawa Pertama Memakai Blangkon?

, Juli 16, 2023

 

Blangkon hasil produksi Puji Raharjo, dijemur di depan rumahnya, Pereng Kembang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Senin, 6 Januari 2020. (Foto: Tagar/Kurniawan Eka Mulyana)


Siapa Orang Jawa Pertama Memakai Blangkon?

Setiap benda kultural merupakan bagian dari kebudayaan material, termasuk blangkon. Kebudayaan material kata Djoko, pasti memiliki dimensi simbolik, serta mengandung makna dan pesan tertentu. Pesan atau nilai yang menjadi milik bersama itu, bisa saja memiliki banyak versi, termasuk siapa sosok atau orang pertama yang mengenakan atau memperkenalkan blangkon.

 

Apalagi, blangkon muncul ketika individualitas belum berkembang. Saat itu kolektivitaslah yang berkembang. Sehingga setiap kelompok orang bisa menambah, mengurangi dan memperkaya itu. "Dalam semangat kolektivitas munculnya blangkon itu, maka individualitas tidak penting bahkan harus jadi bagian dari kolektivitas itu. Bisa saja dikatakan si ini yang pertama atau si itu, tapi itu kan versi-versi."

 

Namun secara umum, kebudayaan Jawa yang terbakukan saat ini diyakini mulai sejak zaman Kerajaan Mataram, atau sekitar abad ke-17. "Itu rentang sejarahnya panjang. Tapi terbakukan, seperti juga kebudayaan Jawa terbakukan yang ada sekarang ini ya zaman Mataram itu, berarti sekitar abad 17."

 

Sebagai bagian dari adat dan budaya, blangkon perlu dilestarikan, meski tidak semua yang merupakan kebudayaan lokal atau adat, patut dilestarikan. Pelestarian dan pewarisan itu harus selektif. Kedua, harus adaptif, yakni berupa perubahan kecil. Apalagi di tengah-tengah politik identitas yang saat ini menguat. "Gejala pencarian identitas-identitas yang lebih azali, maka busana seperti blangkon juga perlu direvitalisasi, konservasi, tapi juga harus dikembangkan. Misalnya bagaimana mengharapkan generasi milenial mengenal dan mengenakan blangkon.".


Sumber: https://www.tagar.id/

TerPopuler